Silahkan masuk ke menu yang diinginkan
Alur Pembelajaran Merdeka
Yuk... cari tau apa itu Alur Merdeka?
Merupakan akronim dari Mulai dari diri; Eksplorasi konsep; Ruang kolaborasi; Demonstrasi kontekstual; Elaborasi pemahaman; Koneksi antar materi, dan Aksi nyata. Oleh karena itu proses pembelajaran terdiri dari 7 langkah dengan setiap kegiatannya sesuai dengan akronim tersebut di atas. Alur ini pada awalnya terdapat 8 langkah.
Namun akhir-akhir ini Refleksi terbimbing ditiadakan dalam alur merdeka. Namun Refleksi terbimbing tetap dilakukan namun pelaksanaannya terpisah setelah selesai satu atau beberapa alur dan setelah kegiatan di semua alur selesai. Berikut saya mencoba menjelaskan Alur MERDEKA dalam pembelajaran di kelas.
Mulai dari Diri : Dalam kegiatan belajar ini, siswa diminta melakukan refleksi awal mengenai materi yang akan dibahas. Siswa akan diberikan pertanyaan pemantik untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan awal yang dimilikinya tentang materi yang akan dipelajari. Pada tahap ini guru bisa juga langsung melakukan pemetaan kemampuan dan kecendrungan belajar siswa, untuk memudahkan guru dakam membersamai siswa mencapai tujuan pembelajaran.
Eksplorasi Konsep : Dalam tahap eksplorasi konsep, siswa akan diminta untuk membaca materi maupun menonton video yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari, Tujuannya adalah untuk memperdalam atau menguatkan dan menemukenali konsep materi yang akan dipelajari.
Ruang Kolaborasi : Dalam ruang kolaborasi, siswa diminta untuk berkolaborasi dengan siswa lain dalam kegiatan kelompok. Dalam kegiatan ini siswa diberikan sebuah sebuah topik untuk didiskusikan bersama anggota dalam kelompok masing-masing. Setelah diskusi dan presentasi guru memberikan penguatan dan umpan balik.
Demonstrasi Kontekstual : Dalam demonstrasi kontekstual, siswa diminta untuk membuat sebuah rencana penerapan materi yang dipelajari di kelas. Siswa diminta membuat atau mengerjakan tugas berupa artikel, video, komik, poster, lagu, puisi, dan sebagainya sesui materi yang dipelajarinya.
Elaborasi Pemahaman : Siswa akan diajak untuk berdiskusi bersama guru maupun narasumber lain. Dalam kegiatan ini, siswa diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dari materi yang belum dipahami untuk mendapatkan pemahaman yang utuh dari materi yang dipelajarinya.
Koneksi Antar Materi : Dalam kegiatan ini, siswa diminta untuk membuat kesimpulan dari keseluruhan materi yang sudah dipelajari hari itu. Selain itu siswa diminta untuk membuat keterkaitan antara materi hari itu, dengan materi lain yang sudah dipelajari sebelumnya.
Aksi Nyata : Dalam kegiatan aksi nyata, siswa akan diminta menerapkan pengetahuan yang diperoleh di kelas dalam bentuk proyek baik dikerjakan secara individu maupun kelompok.